Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan SABI


Harap Diperhatikan:

Versi "Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Sabi" di bawah ini akan berlaku dan menggantikan Syarat dan Ketentuan yang lama. Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Sabi mulai berlaku pada tanggal 26 September 2023.


Selamat datang di Sabi

Dengan menjadi Anggota Sabi, maka Anda dianggap telah mengetahui dan menyetujui untuk terikat dengan syarat dan ketentuan yang dikeluarkan oleh pihak Sabi. Apabila Anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda diharapkan untuk berhenti menggunakan layanan sebagai Anggota Sabi. Layanan sebagai Anggota Sabi hanya terbatas pada pelanggan yang mempunyai Akun Sabi. Anggota Sabi bertanggungjawab penuh terhadap akses dan password yang digunakan. Pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini merupakan perbuatan melawan hukum yang didasarkan pada hukum yang berlaku di Indonesia atau Undang-Undang serta peraturan yang mengatur.

Sabi berharap Anggota Sabi memperhatikan poin-poin berikut:

Istilah dan Definisi

  1. PT Fasa Centra Artajaya ("PT FCA") yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi finansial, menjalani usaha sebagai penerbit uang elektronik dan penyelenggara transfer dana, yang diawasi oleh Bank Indonesia dan merupakan pemilik dan pengelola aplikasi dengan merek dagang Sabi.
  2. Sabi adalah aplikasi uang elektronik (eMoney) dan transfer dana yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembelian, pembayaran pada Merchant, transfer dana, serta Tarik tunai sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bersifat open loop.
  3. sabi.id adalah nama domain yang dipergunakan untuk menggunakan Layanan Keanggotaan Sabi.
  4. Syarat dan ketentuan adalah bentuk kesepakatan antara Anggota Sabi dengan Sabi yang mengatur hak serta kewajiban antara kedua belah pihak yang menggunakan layanan Sabi.
  5. Anggota Sabi dalam menggunakan layanan Sabi, dapat sebagai Personal Sabi atau Merchant Sabi.
  6. Personal Sabi adalah pihak perseorangan yang menggunakan layanan Sabi sebagai pembeli/konsumen.
  7. Merchant Sabi adalah pihak perseorangan dan/atau perusahaan yang menggunakan layanan Sabi sebagai penjual, distributor atau produsen.
  8. Akun Sabi adalah identitas Anggota (selanjutnya juga bisa disebut sebagai "pengguna") Sabi untuk keperluan Anggota Sabi mengakses layanan, situs dan aplikasi Sabi.
  9. Saldo Sabi adalah sejumlah dana yang tersimpan pada Akun Anggota Sabi.
  10. Transaksi adalah semua kegiatan finansial menyangkut saldo Sabi milik anggota, termasuk dan tidak terkecuali: setor dana (Top Up), kirim dana (transfer), tarik dana (withdraw) yang tersedia dalam situs atau aplikasi Sabi.
  11. Virtual Account adalah nomor identifikasi pengguna yang dibuka oleh Bank atas permintaan Sabi untuk selanjutnya diberikan oleh Sabi kepada Pengguna (perorangan maupun merchant) sebagai Nomor Rekening Tujuan penerimaan.
  12. Data transfer adalah data yang tercantum pada mutasi bank, yang berisi nama, jumlah, berita dan keterangan lain dari pengirim dana.
  13. Password adalah kombinasi huruf, angka, dan karakter yang dibuat oleh Anggota Sabi untuk mengakses layanan, situs, Akun dan aplikasi Sabi, dan bisa diubah oleh Anggota (pengguna) Sabi.
  14. PIN (Personal Identification Number) Sabi adalah nomor identifikasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Anggota Sabi serta harus dicantumkan/dimasukkan oleh anggota pada saat menggunakan layanan Sabi.
  15. KYC adalah Know Your Customer atau prinsip mengenal nasabah.
Bersama-sama dengan Akun Sabi, password dan PIN digunakan untuk membuktikan bahwa anggota bersangkutan adalah yang berhak atas layanan Sabi.

Layanan

Sabi menyediakan layanan bagi Anggota Sabi, dimana Anggota Sabi dapat menyesuaikan Layanan yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan Anggota Sabi. Adapun layanan yang disediakan Sabi sebagai berikut :
  1. Akun Sabi merupakan kode yang kewenangan penggunaannya ada pada Anggota Sabi. Akun Sabi bersifat tetap dan tidak dapat diubah kembali.
  2. Layanan keanggotaan adalah layanan penyediaan aplikasi sistem Sabi yang meliputi transaksi pengisian dana (Top Up) dan pengiriman dana (transfer), serta penarikan dana (withdraw) ke rekening bank Anggota Sabi sesuai dengan limit transaksi. Limit transaksi telah ditentukan berdasarkan status keanggotaan Sabi. Status keanggotaan dan limit transaksi yang dimaksud dapat dilihat pada situs resmi Sabi https://sabi.id/fitur/biaya-dan-limit .
  3. Jenis Layanan dan Anggota Sabi terbagi atas:
    1. Non-Member adalah jenis layanan uang elektronik Sabi yang penggunaannya tidak melakukan pendaftaran dan datanya tidak tercatat di Sabi yang dapat digunakan untuk fasilitas sebagai berikut:
      1. ) Pembayaran Transaksi;
      2. ) Pembayaran Tagihan;
      3. ) Fasilitas lain berdasarkan persetujuan Bank Indonesia.
    2. Terdaftar adalah layanan Sabi yang telah melakukan pendaftaran di website atau aplikasi Sabi, akan tetapi data identitas pemegangnya tidak tercatat atau terdaftar pada Sabi (tidak melalui proses KYC). Status member ini dapat dipergunakan untuk fasilitas layanan sebagai berikut:
      1. ) Isi Saldo (Cash In/Top Up);
      2. ) Pembayaran Transaksi;
      3. ) Pembayaran Tagihan;
      4. ) Fasilitas lain berdasarkan persetujuan Bank Indonesia.
    3. Aktif adalah jenis layanan Sabi yang data identitas pemegangnya terdaftar dan tercatat di Sabi (melalui proses KYC) yang dapat dipergunakan untuk fasilitas layanan sebagai berikut:
      1. ) Isi Saldo (Cash In/Top Up);
      2. ) Pembayaran Transaksi;
      3. ) Pembayaran Tagihan;
      4. ) Transfer Dana;
      5. ) Tarik Tunai;
      6. ) Fasilitas lain berdasarkan persetujuan Bank Indonesia.

Registrasi Sabi

  1. Untuk dapat menjadi Anggota Sabi, Pengguna harus terlebih dahulu melakukan registrasi dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Menggunakan nomor telepon seluler dan alamat email yang aktif:
    2. Setiap 1 (satu) nomor telepon seluler dan alamat email hanya untuk satu Akun Sabi.
    3. Melakukan aktivasi melalui media yang disediakan oleh Sabi dari waktu ke waktu tetapi tidak terbatas seperti pada Aplikasi Sabi.
  2. Anggota Sabi yang belum mendaftarkan data identitas (tidak melalui proses KYC) pada Aplikasi Sabi hanya akan mendapatkan status terdaftar.
  3. Anggota Sabi dengan status terdaftar dapat melakukan upgrade menjadi status aktif dengan cara mendaftarkan data pribadi dan mengunggah foto bukti identitas diri yang sah (termasuk di dalamnya Foto KTP dan Foto Diri dengan KTP) sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Anggota Sabi yang sudah mendaftarkan data identitas dan mengunggah dokumen identitas di aplikasi Sabi akan menjadi Anggota Sabi berstatus Aktif apabila telah lulus proses KYC (uji tuntas).
  5. Proses pengecekan akan membutuhkan waktu 3 x 24 jam.
  6. Untuk memenuhi kaidah Customer Due Diligence (CDD), Sabi dapat meminta informasi/dokumen tambahan tentang Pengguna bila diperlukan sesuai peraturan yang berlaku.
  7. Sabi berhak atas pertimbangannya sendiri dengan alasan apapun untuk melakukan pembatalan dan/atau penolakan atas proses upgrade dari status Terdaftar ke Aktif.

Keanggotaan, Password dan Keamanan

  1. Anggota Sabi dengan ini menyatakan bahwa Anggota Sabi adalah orang yang dapat mempertanggungjawabkan seluruh perbuatannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Seluruh Anggota Sabi dibebaskan dari biaya pendaftaran keanggotaan Sabi.
  3. Anggota Sabi yang bertindak sebagai penjual disarankan memilih Layanan Keanggotaan Merchant, sedangkan anggota yang bertindak sebagai pembeli disarankan memilih Layanan Keanggotaan Personal.
  4. Anggota Sabi wajib memberikan informasi yang benar dan akurat sesuai kartu identitas, termasuk tidak terbatas berisi nama lengkap, alamat, tanggal lahir, nomor telepon, nomor handphone, alamat email dan/atau alamat website, dan Akun bank. Apabila Anggota Sabi memberikan informasi yang tidak benar, tidak tepat, atau tidak lengkap, maka Sabi berhak untuk menangguhkan, menolak, dan menon-aktifkan Akun Sabi.
  5. Apabila diketahui dan dapat dibuktikan bahwa calon atau Anggota Sabi mengisi data diri dan/atau menggunakan identitas palsu maka Sabi berhak membekukan Akun tersebut beserta dana yang ada di dalamnya tanpa persetujuan terlebih dahulu.
  6. Akun yang dibekukan oleh pihak Sabi, seperti yang dijelaskan pada Pasal Keanggotaan, Password dan Keamanan poin 5 di atas dapat diaktifkan kembali dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
    1. Memberikan data diri dan data Akun yang dibekukan.
    2. Mengunggah identitas diri yang asli dan masih berlaku.
    3. Memberikan dan/atau mengunggah data lainnya yang diperlukan.
    4. Permohonan pengaktifan Akun dikirimkan melalui email menggunakan email yang terdaftar dan ditujukan kepada support@sabi.id.
  7. Anggota Sabi bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan Akun dan password Anggota Sabi tersebut, dan bertanggung jawab sepenuhnya atas segala kegiatan yang diatasnamakan nama Akun Anggota Sabi tersebut.
  8. Anggota Sabi bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan email pribadi.
  9. Anggota Sabi diizinkan untuk mengubah atau memperbarui informasi keanggotaannya berkenaan dengan informasi pribadi dan/atau Akun bank setiap saat. Anggota Sabi juga diizinkan untuk menutup keanggotaannya secara permanen.
  10. Anggota Sabi menyetujui bahwa proses menjadi Anggota Sabi hanya akan berlaku setelah seluruh persyaratan yang diminta Sabi dipenuhi oleh anggota dan proses registrasi telah melalui proses verifikasi yang disetujui.
  11. Anggota Sabi tidak diperbolehkan untuk mengalihkan Akun kepada pihak lain dengan cara apapun tanpa sepengetahuan dan persetujuan tertulis dari Sabi. Apabila Anggota Sabi melanggar ketentuan ini, maka seluruh akibat dan risiko sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anggota Sabi sendiri yang mengalihkan Akun.
  12. Sabi menghimbau kepada Anggota Sabi untuk tidak memberikan data penting kepada pihak lain atau pihak yang mengatasnamakan Sabi yang tidak dapat dijamin keamanannya.

Kebijakan Privasi

  1. Sabi menjamin kerahasiaan Anggota Sabi dari pihak lain. Sabi tidak akan menjual, menukar, atau mengirimkan informasi yang diberikan oleh Anggota Sabi kepada pihak lain yang tidak berkepentingan.
  2. Sabi dapat menyampaikan informasi yang didapat dari Anggota Sabi, termasuk namun tidak terbatas pada permintaan dan/atau diperintahkan oleh hukum, memenuhi kepatuhan undang-undang yang berlaku, dari pihak berwajib, bank sentral, maupun lembaga keuangan lainnya.
  3. Anggota Sabi tidak boleh mempergunakan keanggotaannya untuk kegiatan melanggar hukum nasional dan internasional, melanggar hak-hak pihak lain atau kegiatan yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Sabi.
  4. Sabi berhak untuk menyimpan data percakapan Anggota Sabi tanpa persetujuan Anggota Sabi terlebih dahulu.

Kewajiban dan Hak

  1. Kewajiban Anggota Sabi
    1. Anggota Sabi diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan identitasnya.
    2. Anggota Sabi bertanggung jawab untuk memperlakukan secara rahasia data-data yang bersifat pribadi, di antaranya namun tidak terbatas pada: nama pengguna, One Time Password (OTP)/kode verifikasi, PIN (Personal Identification Number), dan lainnya.
    3. Setiap Anggota Sabi wajib menjaga keamanan password/PIN masing-masing dengan tidak memberikan kepada orang lain.
    4. Anggota Sabi bertanggung jawab atas setiap transaksi yang dilakukan termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan memilih menu transaksi, kesalahan memasukkan nomor tujuan, kesalahan memasukkan nomor rekening, dan kesalahan memasukkan nominal. Untuk itu Pengguna wajib mengikuti setiap petunjuk dalam melakukan transaksi dan kerugian/pengurangan saldo rekening Sabi atas transaksi yang keliru merupakan beban Anggota Sabi.
    5. Anggota Sabi diwajibkan untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan Sabi.
  2. Hak Anggota Sabi
    1. Anggota Sabi mendapatkan hak atas jaminan kerahasiaan informasi, terbatas pada Kebijakan Privasi.
    2. Anggota Sabi mendapatkan hak atas kelancaran semua transaksi Sabi yang dilakukan sesuai dengan jam layanan Sabi.
    3. Anggota Sabi mendapatkan hak atas layanan transaksi.
    4. Anggota Sabi mendapatkan hak atas laporan riwayat transaksi.
    5. Anggota Sabi mendapatkan hak atas keamanan dan jaminan saldo Sabi, termasuk tidak terbatas yang disebabkan oleh kelalaian dan perangkat perusak.
    6. Anggota Sabi berhak untuk mempergunakan seluruh nilai uang yang disetorkan ke dalam uang elektronik Sabi dan seluruh jumlah uang elektronik tersebut bisa ditransaksikan hingga saldo nihil.
  3. Berdasarkan Kewajiban dan Hak Anggota Sabi, Maka Sabi Mempunyai Hak Sebagai Berikut:
    1. Sabi berhak menon-aktifkan Akun yang disalahgunakan untuk penyelidikan lebih lanjut tanpa pemberitahuan.
    2. Sabi berhak membekukan Akun yang dianggap bermasalah secara sepihak.
    3. Sabi tidak bertanggung jawab atas akses illegal terhadap Akun Anggota Sabi. Semua transaksi yang sudah dilakukan tidak dapat dikembalikan. Pengiriman dana Anggota Sabi dijamin keamanannya sampai ke Akun bank masing-masing.
    4. SABI TIDAK PERNAH MEMINTA PASSWORD/PIN ANGGOTA SABI. Sabi tidak bertanggung jawab atas kerugian Anggota Sabi yang dikarenakan penyalahgunaan password/PIN.
    5. Sabi menganggap bahwa semua anggota Sabi telah setuju untuk mengganti rugi atas semua tindakan klaim, kerugian permintaan dan/atau kerusakan (termasuk biaya pengacara) yang dibuat dan/atau dikeluarkan oleh Pihak ketiga yang timbul dari dan/atau terkait dengan penggunaan layanan.
    6. Sabi tidak bertanggung jawab atas semua detail transaksi antara penjual dengan pembeli dan/atau setiap pertukaran informasi antar Anggota Sabi. Oleh karena itu, Sabi tidak bertanggung jawab apabila transaksi maupun pertukaran informasi yang tidak sesuai dan atau cacat secara hukum yang berlaku ataupun apabila terdapat konsekuensi hukum dari transaksi yang dilakukan melalui situs ini.
    7. Sabi tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang terjadi saat dan/atau setelah transaksi termasuk apabila terjadi kerusakan pada produk, barang dan/atau jasa, garansi, bagian-bagian yang tidak lengkap, penurunan nilai produk, barang dan/atau jasa, maupun kewajiban dan konsekuensi hukum yang terjadi karena transaksi.
    8. Sabi tidak membuat pernyataan dan/atau jaminan apapun sehubungan dengan layanan dan/atau kinerja layanan Pihak Ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada jaminan kelayakan Merchant atau ketersesuaian untuk tujuan tertentu.
    9. Sabi tidak bertanggung jawab pada anggota Sabi atas kerugian insidentil atau akibat yang timbul dari pelanggaran atas kerugian insidentil atau akibat yang timbul dari pelanggaran atas pembayaran dan/atau kontrak, kesalahan pengiriman, keterlambatan pengiriman, pengiriman yang tidak sesuai dengan kondisi yang dikonfirmasikan, penggunaan layanan dan/atau produk, dan setiap pelanggaran lain atas kontrak dan/atau kewajiban antara anggota Sabi.
    10. Sabi berhak untuk tidak terlibat dalam proses hukum apabila kesalahpahaman antara pihak yang bersangkutan diselesaikan secara bertahap dan diproses secara hukum (bila diperlukan).
    11. Sabi tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan transaksi termasuk tidak terbatas pada pencucian uang, pembelian barang-barang terlarang, perjudian, senjata api dan pembiayaan terorisme.
    12. Sabi berhak untuk dibebaskan dari semua tuntutan hukum yang mungkin timbul atas penggunaan Sabi sebagai sistem pembayaran.
    13. Sabi berhak untuk melakukan penundaan dan/atau melakukan proses investigasi atas proses Transaksi dari Anggota Sabi yang dianggap menyimpang dari profil, karakteristik, atau kebiasaan pola Transaksi dari penggunaan Layanan Sabi.
    14. Sabi berhak sepenuhnya untuk membatasi, memblokir, atau mengakhiri pelayanan dari suatu Akun dan mengambil tindakan atau langkah hukum apapun jika Sabi menganggap Anggota Sabi melanggar hukum yang berlaku.
    15. Sabi berhak untuk menutup Akun Anggota Sabi baik sementara maupun untuk seterusnya apabila diduga adanya tindakan kecurangan atau tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan.
    16. Sabi mempunyai hak penuh untuk menyetujui dan menolak saat proses verifikasi Anggota Sabi dan Sabi juga berhak meminta data pendukung dalam proses verifikasi jika dirasa perlu.

Transaksi

  1. Informasi yang dibutuhkan
  2. Sabi akan membutuhkan informasi-informasi berikut dari para anggota: Nama Lengkap, Alamat, Nomor Telepon, Nomor Handphone, Alamat Email, Alamat Website, Tanggal Lahir, dan Akun Bank yang sebenar-benarnya.
  3. Informasi Transaksi
    1. Semua Transaksi yang menggunakan layanan Sabi (Pengisian dana/Top Up, Pengiriman dana/transfer, Penarikan dana/withdrawal) membutuhkan verifikasi dan/atau notifikasi dan akan dikirim ke email dan/atau telepon seluler masing-masing anggota.
    2. Semua Anggota Sabi wajib memperhatikan jam layanan Sabi.
    3. Sabi menyediakan riwayat transaksi selama 6 (enam) bulan terakhir. Untuk permintaan riwayat transaksi lebih dari 6 (enam) bulan terakhir, Anggota Sabi diwajibkan mengajukan permohonan khusus yang dikirim melalui email yang sudah resmi didaftarkan di Akun Anggota Sabi.
  4. Pengisian Dana (Top Up)
    1. Pengisian (Top up) saldo Akun Sabi Anda dapat dilakukan melalui kanal-kanal yang Kami sediakan dan/atau mitra kami sediakan, termasuk melalui kanal-kanal bank-bank tertentu atau kanal pihak ketiga lain yang kami informasikan. Layanan ini dapat dikenakan biaya tertentu
    2. Anggota Sabi yang melakukan Pengisian dana (Top Up) wajib untuk mengisi form Top Up dan mengirim dana menggunakan nomor rekening pribadi sesuai dengan jumlah yang tertera di form.
    3. Untuk proses identifikasi transaksi Pengisian dana (Top Up), Anggota Sabi disarankan mencantumkan nomor referensi (kode DDxxxxxxxxxxxxx) yang didapatkan dari pengisian form top up di berita transfer untuk proses identifikasi
    4. Sabi tidak akan memproses apabila Anggota Sabi tidak menggunakan nomor rekening pribadi dan tidak terdapat nomor referensi.
    5. Sabi tidak akan bertanggung jawab apabila transaksi Top Up tidak diproses dikarenakan Anggota Sabi tidak membuat form Top Up terlebih dahulu dan/atau tidak mencantumkan nomor referensi.
    6. Sabi berhak meminta bukti transfer kepada Anggota Sabi untuk keperluan pemrosesan Top Up (bila diperlukan).
    7. Anggota Sabi dapat melakukan Pengisian dana (Top Up) secara otomatis dengan menggnakan layanan Perbankan melalui kanal virtual account yang telah disediakan.
    8. Anggota Sabi harus memperhatikan nomor virtual account yang telah diberikan. Sabi tidak akan bertanggung jawab apabila transaksi Top Up tidak diproses dikarenakan kesalahan pengisian kode virtual account oleh Anggota Sabi saat melakukan Pengisian dana (Top Up).
    9. Konfirmasi Pengisian dana (Top Up) melalui kanal virtual account dilakukan secara elektronis tanpa harus mengirimkan bukti transfer apapun. Namun struk atau bukti transfer harus Anda simpan dan akan diperlukan apabila transaksi Top Up tidak dapat secara otomatis dilakukan melalui halaman konfirmasi Top Up. Jika hal ini terjadi Anda dapat menghubungi nomor customer support Sabi di 0274-883111 atau email support@sabi.id.
    10. Anda memahami bahwa Pengisian Dana (Top Up) yang dilakukan melalui kanal pihak ketiga dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu, namun demikian Sabi senantiasa berusaha menjaga tingkat layanan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Sabi.
  5. Pengiriman Dana (Transfer)
    1. Fitur Pengiriman Dana (Transfer) hanya dapat dilakukan oleh Anggota Sabi yang berstatus Aktif.
    2. Fitur ini dapat dilakukan oleh Anggota Sabi melalui aplikasi Sabi sebagai berikut:
      1. ) Pengiriman uang elektronik ke sesama Anggota Sabi;
      2. ) Pengiriman uang elektronik ke rekening bank;
      3. ) Pengiriman dana (transfer) antar bank.
      Dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. ) Untuk huruf b butir 1) di atas, dana akan diterima secara real-time
      2. ) Untuk huruf b butir 2) dan 3), di atas dana akan dikirimkan sesuai dengan nomor antrian di sistem yang telah kami sediakan.
    3. Pihak pengirim dana wajib memastikan terlebih dahulu nomor Akun Sabi dan/atau nomer Akun bank penerima dana yang dituju untuk mencegah terjadinya kesalahan pengiriman dana.
    4. Pengiriman dana ke rekening bank dapat ditujukan ke rekening bank-bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama/ALTO/PRIMA.
    5. Anggota Sabi dapat dibebankan biaya atas layanan pengiriman dana ke rekening bank yang mana biaya tersebut akan didebet langsung dari Akun Sabi untuk pengiriman melalui uang elektronik atau ditambahkan pada nominal transfer saat memilih layanan pengiriman dana (transfer) antar bank.
    6. Sabi tidak bertanggung jawab atas semua transaksi yang dilakukan oleh pemilik akun, yang meliputi:
      1. Kelalaian
      2. Tindakan tanpa sengaja atau sengaja yang dilakukan pemilik Akun (salah memasukkan nomor Akun dan/atau salah memasukkan jumlah nilai dalam transaksi).
      3. Penggunaan Oleh Pihak Lain
      4. Akun Sabi yang digunakan bukan oleh pemiliknya sendiri termasuk tidak terbatas pada peretasan, penggunaan oleh teman, saudara, dan keluarga.
    7. Sabi berhak melakukan audit dalam proses pengiriman dana anggota.
  6. Penarikan Dana (Withdraw)
    1. Fitur penarikan dana (withdraw) hanya dapat dilakukan oleh Anggota Sabi yang berstatus Aktif, maksimal senilai saldo Akun Sabi Anda pada saat akan melakukan penarikan dana (withdraw), dikurangi biaya jasa yang berlaku. Kami akan menginformasikan biaya jasa yang berlaku dari waktu ke waktu.
    2. Anggota Sabi yang melakukan penarikan dana (withdraw) wajib untuk mengisi form penarikan dan menarik dana sesuai dengan jumlah yang tertera di form.
    3. Anggota Sabi yang melakukan penarikan dana diwajibkan untuk menggunakan data bank pribadi yang masih aktif ketika mengisi form penarikan. Sabi akan membatalkan transaksi penarikan dana apabila data bank anggota tidak sesuai dengan data yang diisi di form penarikan.
    4. Kami dapat menetapkan nilai minimal penarikan (withdraw) yang dapat Anda lakukan untuk setiap penarikan (withdraw). Kami akan menginformasikan dari waktu ke waktu nilai minimal penarikan (withdraw) yang berlaku.
  7. Setiap kendala dan/atau kerugian yang timbul terkait dengan Pengisian dana (Top Up) dan/atau penarikan (withdraw) karena kegagalan sistem pihak ketiga tidak akan menjadi tanggung jawab Sabi. Namun, jika Sabi menerima keluhan dari Anda tentang masalah tersebut, Sabi dapat, berdasarkan kebijakan Sabi, meneruskan keluhan Anda kepada pihak ketiga terkait untuk tindak lanjutnya.
  8. Saldo Sabi Anda hanya akan kami gunakan untuk memenuhi kewajiban kepada Anda dan merchant. Saldo Sabi Anda tidak akan digunakan untuk membiayai kegiatan di luar kewajiban kami kepada Anda dan merchant.
  9. Anda memahami bahwa Sabi merupakan penyelenggara jasa sistem pembayaran. Sabi tidak memiliki kontrol atau memiliki tanggung jawab ataupun legalitas untuk barang dan/atau jasa yang dibayar dengan layanan Sabi. Setiap keluhan dan/atau klaim terkait barang dan/atau jasa yang disediakan oleh pihak ketiga wajib Anda sampaikan langsung kepada pihak ketiga terkait.

Batasan Saldo dan Transaksi

  1. Jumlah saldo Akun Sabi Anda dibatasi sebesar:
    1. Rp 2.000.000,- (dua juta rupiah) jika Akun Anda berstatus terdaftar atau tidak terverifikasi ; atau
    2. Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) jika Akun Anda berstatus Aktif atau telah diverifikasi.
  2. Batas nilai transaksi Uang Elektronik dalam 1 (satu) bulan kalender maksimal Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) dalam bentuk Incoming.
  3. Jika saldo atau transaksi bulanan uang elektronik Akun Sabi Anda melewati batas tersebut, maka Sabi berhak melakukan verifikasi sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, termasuk namun tidak terbatas pada tidak menjalankan perintah transaksi yang Anda jalankan.
  4. Batasan limit transaksi Uang elektronik Sabi Anda tidak tergabung dengan limit transaksi Pengiriman dana (transfer) antar bank, di mana limit transaksi dijalankan berbeda dengan saldo uang elektronik. Limit transaksi yang dimaksud dapat dilihat pada situs resmi Sabi https://sabi.id/fitur/biaya-dan-limit .
  5. Anda memahami bahwa Sabi bukan Bank. Saldo Akun Sabi Anda bukan merupakan tabungan berdasarkan pengertian hukum yang berkaitan dengan perbankan, tidak termasuk yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan dan tidak berhak atas setiap fitur yang umumnya melekat pada rekening bank (seperti bunga, dsb).

Kebijakan Refund

  1. Transaksi yang telah Anda Konfirmasi dan telah diproses oleh Sabi tidak dapat dibatalkan. Adalah Hak kami sepenuhnya untuk menguji dan memutuskan permintaan pembatalan kasus per kasus, kecuali:
    1. Ada permintaan dari pihak merchant untuk melakukan refund dikarenakan barang/jasa tidak tersedia atau tidak dijual lagi.
    2. Anggota Sabi memutuskan untuk menutup Akun Sabi yang bersangkutan.
  2. Sabi akan membantu untuk menahan dana jika terjadi kesalahan transfer selama transaksi tersebut belum diproses oleh pihak Sabi. Apabila transaksi tersebut telah dijalankan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Anggota Sabi (sebagai pemegang Akun Sabi) maka di sini Sabi hanya akan membantu menghubungi penerima untuk melakukan mediasi pengembalian dana.
  3. Jika Anda meminta pengembalian dana, klaim pengembalian dana tersebut harus disampaikan langsung ke merchant (pelaku usaha) yang bersangkutan. Kami hanya akan memproses pengembalian dana berdasarkan permintaan dari merchant (pelaku usaha).
  4. Anda mengerti bahwa penggunaan Anda atas Akun Sabi dan/atau layanan Sabi merupakan tanggung jawab pribadi Anda. JANGAN MEMBERI AKSES ATAU MEMBIARKAN ORANG LAIN UNTUK MENGAKSES AKUN SABI Anda. Anda setuju bahwa setiap perintah transaksi yang dibuat melalui Akun Sabi Anda akan dianggap telah diotorisasi oleh Anda dan oleh karenanya adalah perintah transaksi Anda. Kami tidak bisa dan tidak akan bisa dimintakan pertanggungjawaban atas setiap kerugian atau klaim yang timbul karena penggunaan Anda atas Akun Sabi dan/atau layanan Sabi yang dilakukan dengan melanggar Syarat dan Ketentuan ini.

Pemblokiran dan Penutupan Akun

Akun Sabi dapat diblokir baik secara sebagian dan/atau keseluruhan, sementara dan/atau permanen, berdasarkan permintaan Anggota Sabi (selaku pemegang akun Sabi) dan/atau Sabi dan/atau Lembaga Pemerintahan/Pengadilan/Otoritas terkait.
  1. Pemblokiran Akun
    1. Anggota Sabi dapat setiap saat mengajukan pemblokiran sementara Layanan Akun Sabi melalui call center, email, live chat, atau datang langsung ke Kantor Pusat Sabi dalam hal kehilangan telepon seluler dan/atau media lainnya, dan/atau kehilangan akses terhadap Akun Sabi Pengguna, Sabi tidak bertanggung jawab atas transaksi sah yang terjadi antara waktu kehilangan hingga pemblokiran.
    2. Sabi berdasarkan pertimbangan sendiri berhak melakukan pemblokiran oleh karena suatu hal atau alasan tertentu baik dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anggota Sabi.
    3. Perintah pemblokiran yang diterbitkan oleh institusi pemerintah atau moneter atau berdasarkan perintah pengadilan.
    4. Alasan lain yang merugikan Anggota Sabi atau Sabi, termasuk tindakan abusive dan fraud atau ketika sistem kami menangkap pola transaksi keuangan yang mencurigakan.
    5. Anggota Sabi dapat mengajukan permohonan pembukaan blokir kepada Sabi melalui Call Center dan/atau datang ke Kantor Pusat. Pembukaan blokir hanya dapat dilakukan oleh Pengguna sendiri setelah melalui proses verifikasi data dan/atau penyerahan bukti yang kuat bahwa tidak ada hal yang mencurigakan yang terjadi pada Sabi.
  2. Penutupan Akun
    1. Anggota Sabi dapat mengajukan permohonan penutupan Akun Sabi dan redeem saldo uang elektronik Sabi melalui Call Center Sabi atau email ke support@sabi.id; atau
    2. Sabi berhak menutup Akun Sabi berdasarkan kebijakan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku; atau
    3. Berdasarkan alasan lain sehubungan dengan pemblokiran Akun Sabi; atau
    4. Akun Sabi yang telah ditutup secara permanen tidak dapat diaktifkan kembali dan Anggota Sabi tidak dapat mengakses layanan Sabi.
  3. Penonaktifan Akun
  4. Sabi berhak menonaktifkan Akun Sabi yang sudah tidak aktif selama 6 (enam) bulan berturut – turut.
  5. Pengembalian Hak Anggota
    1. Sabi akan membantu mengirimkan dana yang terdapat di Akun Sabi yang sudah tidak ada aktivitas (tidak aktif) selama 6 (enam) bulan berturut – turut ke rekening bank yang terdaftar di akun Anggota Sabi tersebut dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anggota Sabi tersebut selama 3 (tiga) kali pemberitahuan selama 30 (tiga puluh) hari.
    2. Dalam hal sumber dana yang terdapat di Akun Sabi yang sudah tidak ada aktivitas (tidak aktif) selama 6 (enam) bulan berturut – turut dan sumber dana berasal dari sengketa antara Anggota Sabi, Sabi akan membantu mengirimkan dana tersebut kepada akun Anggota Sabi yang sesuai dengan riwayat transaksi, setelah dikurangi dengan biaya yang terutang (jika ada), dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anggota Sabi tersebut selama 3 (tiga) kali pemberitahuan selama 30 (tiga puluh) hari.
    3. Sengketa yang dimaksud pada huruf b diatas berasal dari laporan Anggota Sabi yang dilaporkan melalui support@sabi.id dan disertai dengan bukti-bukti yang kuat.
    4. Sabi berhak melakukan penahanan bagian tertentu dari saldo Sabi Anda berdasarkan pertimbangan yang wajar, misalnya karena keyakinan bahwa bagian tersebut berhubungan dengan atau dihasilkan dari penipuan dan/atau tindak pelanggaran hukum lainnya.
  6. Sabi akan membekukan dana Anggota Sabi, apabila akun Anggota Sabi tersebut tidak aktif selama 6 (enam) bulan berturut – turut sesuai dengan Pasal Pemblokiran dan Penutupan Akun poin 3 dan Anggota Sabi tersebut tidak dapat dihubungi oleh pihak Sabi dalam rangka pemberitahuan perihal pengembalian dana tersebut dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anggota Sabi tersebut selama 3 (tiga) kali pemberitahuan selama 30 (tiga puluh) hari.
  7. Akun Anggota Sabi yang telah dinon-aktifkan dapat diaktifkan kembali dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Memberikan data diri dan data akun yang dibekukan.
    2. Mengunggah identitas diri yang asli dan masih berlaku.
    3. Memberikan dan/atau mengunggah data lainnya yang diperlukan.
    4. Permohonan pengaktifan akun dikirimkan melalui email menggunakan email yang terdaftar dan ditujukan kepada support@sabi.id.
    5. Riwayat transaksi pada Akun Sabi yang baru diaktifkan kembali tidak dapat dipulihkan kembali.

Reset Password Pengguna

  1. Pengguna dapat melakukan reset password melalui halaman reset password yang tertera pada website Sabi ( sabi.id).
  2. Apabila pengguna tidak dapat menggunakan layanan reset password maka pengguna dapat menghubungi customer support Sabi melalui email, live chat, skype atau telepon (hotline Sabi).
  3. Pengguna yang melakukan reset password dengan mekanisme seperti ketentuan butir 2 di atas maka akan menerima link reset password melalui email dan/atau sms ke nomor seluler yang telah terdaftar.

Otentikasi

  1. Sebagai upaya perlindungan dan keamanan Pengguna Sabi, Sabi menerapkan otentikasi baik melalui kode sandi sekali pakai (one time password/OTP), OTP transaksi, dan notifikasi melalui email dan/atau pengiriman pesan (sms) ke nomor telepon yang telah terdaftar.
  2. Untuk mengatur ulang sandi atau password, PIN, master code pengguna Sabi perlu melakukan verifikasi dan/atau memasukkan kode sandi sekali pakai (one time password/OTP), yang dapat dikirimkan melalui email, Layanan pesan singkat (sms) ke alamat email dan/atau nomor telepon yang telah terdaftar pada Sabi.
  3. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan kode OTP dan/atau PIN yang telah diterima. Kerugian yang timbul akibat kegagalan Pengguna Sabi utnuk menjaga kerahasiaan Kode tersebut merupakan tanggung jawab pengguna seutuhnya.
  4. Setiap pengiriman Kode OTP dan/atau PIN yang diverifikasi dari akun Pengguna dianggap sebagai transaksi yang sah.
  5. Setiap pengiriman email dan layanan pesan singkat (sms) ke email pengguna, Sabi hanya menggunakan alamat email dan nomor telepon sebagai berikut:
    1. Alamat email yang kami gunakan:
      1. ) no-reply@sabi.id
      2. ) notification@sabi.id
    2. Untuk pengiriman OTP kami menggunakan Sender ID Fasapay/SABI
    3. Nomor telepon layanan pesan singkat yang kami gunakan:
      1. ) 08112590089
      2. ) 08112530089
      3. ) 087700010888
      4. ) 08770007888
  6. Sabi dan seluruh staf tidak pernah menanyakan kode OTP tersebut kepada pengguna. Pengguna dianggap setuju untuk menanggung semua risiko yang terkait dengan pengungkapan OTP kepada pihak ketiga manapun dan bertanggung jawab sepenuhnya atas setiap konsekuensi yang timbul terkait dengan hal tersebut.
  7. Segala bentuk notifikasi baik melalui email dan layanan pesan singkat (sms) yang mengatasnamakan PT. Fasa Centra Artajaya dan/atau Sabi di luar list email dan nomor telepon di atas bukan menjadi tanggung jawab PT. Fasa Centra Artajaya dan/atau Sabi.

Pemalsuan Identitas/Identitas Tidak Sebenarnya

  1. Sabi mempunyai hak penuh untuk menyetujui dan menolak dalam proses verifikasi anggota dan jika diperlukan Sabi juga berhak meminta data – data pendukung dalam proses verifikasi.
  2. Apabila diketahui dan dapat dibuktikan bahwa calon dan/atau Anggota Sabi mengisi data diri dan/atau menggunakan identitas palsu maka Sabi berhak membekukan akun tersebut beserta dana yang ada di dalamnya tanpa persetujuan terlebih dahulu.
  3. Akun yang dibekukan oleh pihak Sabi seperti yang dijelaskan pada Pasal Pemalsuan Identitas/Identitas Tidak Sebenarnya poin 2 tersebut di atas dapat diaktifkan kembali dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :
    1. Memberikan data diri dan data akun yang dibekukan.
    2. Mengunggah identitas diri yang asli dan masih berlaku.
    3. Memberikan dan/atau mengunggah data lainnya yang diperlukan.
    4. Permohonan pengaktifan akun dikirimkan melalui email menggunakan email yang terdaftar dan ditujukan kepada support@sabi.id.

Kontak, Layanan Pelanggan, dan Pengetahuan Umum

  1. Sabi menyediakan layanan pelanggan Sabi, kontak langsung dengan layanan pelanggan, dan Skype resmi Sabi untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan dari anggota dan/atau calon Anggota Sabi di jam layanan Sabi.
  2. Anggota Sabi dapat mengirimkan pertanyaan melalui form kontak kami di luar jam layanan Sabi dan akan dibalas di jam layanan selanjutnya.

Pelepasan Tuntutan

Jika Anggota Sabi memiliki perselisihan dengan satu atau lebih anggota lainnya, Anggota Sabi melepaskan Sabi (termasuk induk perusahaan, direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun sehubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian, maka Anggota Sabi dengan sadar dan tanpa tekanan membebaskan Sabi dari segala macam tuntutan.

Ganti Rugi

Anggota Sabi akan membebaskan Sabi (termasuk induk perusahaan, direktur, dan karyawan) dari tuntutan ganti rugi dan/atau biaya yang timbul dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anggota Sabi melanggar Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan layanan Sabi yang tidak semestinya, pemblokiran akun Sabi dan/atau pelanggaran Anggota Sabi terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

Force Majeure

Anggota Sabi akan membebaskan Sabi dari segala macam tuntutan apapun dan dalam bentuk apapun, dalam hal Sabi tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anggota (pengguna) Sabi baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Sabi, termasuk namun tidak terbatas pada segala gangguan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau komponen membahayakan yang dapat mengganggu layanan Sabi, web browser atau komputer sistem Sabi, Pengguna, atau Internet Service Provider, bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah yang melarang PT Fasa Centra Artajaya memberikan layanan Sabi, kegagalan sistem perbankan serta kejadian - kejadian atau sebab - sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan Sabi

Hak Kekayaan Intelektual

Sabi atau pemegang lisensinya memiliki semua hak, hak milik dan kepentingan, termasuk semua hak cipta, merek dagang dan Hak Kekayaan Intelektual lainnya, di dan untuk Layanan dan semua komponen yang digunakan dalam ketentuannya, termasuk tanpa batasan, semua perangkat lunak, metode bisnis, proses bisnis, website designs, graphic, text, content, API dan API instructions, SCI, merek, rahasia dagang dan pengetahuan, semua dokumentasi terkait dengan hal tersebut di atas, yang digunakan dalam penyediaan Layanan. Anda setuju bahwa tidak akan menjual, melisensikan, menyewakan, meminjamkan, mengirim, atau mendistribusikan Layanan Sabi dengan cara apapun kepada Pihak Ketiga.

Penyelesaian Perselisihan

Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anggota Sabi setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

Penutup

Dengan mendaftar sebagai Anggota Sabi, berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan ini dengan sadar dan tanpa paksaan. Syarat dan ketentuan ini dapat mengalami perubahan sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.